Partisipasi Masyarakat dalam Penetapan APBDes - Berita Desa
Berita Desa

Partisipasi Masyarakat dalam Penetapan APBDes

Masyarakat Desa Bobawa Berperan Aktif dalam Menentukan Masa Depan Bersama

Desa Bobawa, 6 Mei 2024 – Masyarakat Desa Bobawa mengukuhkan komitmennya untuk berperan aktif dalam menentukan arah pembangunan desa mereka dengan menggelar Musyawarah Desa untuk Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Dalam musyawarah yang berlangsung meriah dan penuh semangat di balai desa, para warga turut serta dalam proses pengambilan keputusan yang akan membentuk masa depan bersama mereka.

Musyawarah Desa kali ini menjadi bukti nyata bahwa partisipasi masyarakat adalah kunci utama dalam mengelola dan mengalokasikan dana desa dengan tepat sasaran. Kehadiran warga dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari petani, pedagang, hingga pemuda desa, menunjukkan keseriusan dan tanggung jawab kolektif mereka dalam mengelola sumber daya yang ada untuk kesejahteraan bersama.

Dalam sambutan pembuka, Sekretaris Camat Golewa Selatan, Bapak Yohanes I Milo Djawa, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Bobawa, terutama kepada Tim Penyusun Dokumen Perencanaan yang kerap dikenal dengan Tim 11. Desa Bobawa sebagai perwakilan desa desa diseluruh Kecamatan Golewa Selatan yang merupakan desa pertama mendapatkan rekomendasi Penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun anggaran 2024. Tentu menjadi kebanggaan tersendiri dari Pemerintah Kecamatan Golewa Selatan pada umumnya dan Pemerintah Desa Bobawa pada khususnya. Harapan Bapak Sekretaris Camat terhadap Pemdes Bobawa untuk segera membereskan segala dokumen yang perlu disampaikan ke Dinas PMDP3A Kabupaten Ngada. Harapan Akhir dari Kecamatan Untuk Desa Bobawa “Jangan Ada Silpa selama Proses Eksekusi Anggaran”

Dalam sambutannya, Kepala Desa Bobawa, Bapak Petrus Raga, menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam proses penetapan APBDes. “Desa kita akan maju dan berkembang hanya jika kita semua berperan aktif dalam menentukan prioritas pembangunan dan penggunaan dana desa. Musyawarah ini adalah forum untuk kita bersama-sama merumuskan langkah-langkah strategis demi kebaikan bersama,” ujar beliau dengan penuh semangat.

Selama musyawarah berlangsung, berbagai gagasan dan usulan dari masyarakat didengarkan dengan seksama. Diskusi yang berlangsung terbuka dan inklusif memungkinkan setiap suara didengar dan dipertimbangkan. Para peserta musyawarah tidak hanya menyampaikan kebutuhan dan aspirasi mereka, tetapi juga memberikan masukan yang konstruktif untuk meningkatkan efisiensi penggunaan dana desa.

Salah satu peserta musyawarah, Ibu Agustina Moti, seorang petani dan ibu rumah tangga, berbagi pandangannya tentang pentingnya alokasi dana untuk sektor pertanian dan pembangunan infrastruktur pedesaan. “Kami, para petani, membutuhkan dukungan dalam bentuk pupuk, benih unggul, dan sarana irigasi yang memadai untuk meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan keluarga kami,” ungkap Ibu Agustina dengan penuh semangat.

Selain itu, kaum muda desa juga turut aktif dalam musyawarah ini. Mereka menyuarakan aspirasi mereka untuk pembangunan fasilitas olahraga dan ruang kreatif bagi pemuda desa. Menurut mereka, investasi dalam bidang ini akan membantu menciptakan lingkungan yang sehat dan produktif bagi generasi muda desa.

Setelah berlangsungnya diskusi yang intensif dan berbagai pertimbangan yang matang, musyawarah desa akhirnya berhasil mencapai kesepakatan tentang APBDes untuk tahun berikutnya. Keputusan yang diambil mencerminkan kebutuhan dan aspirasi masyarakat desa secara menyeluruh.

Kepala Desa Bobawa menyampaikan rasa syukurnya atas kesepakatan yang dicapai dalam musyawarah tersebut. “Ini adalah kemenangan bagi kita semua. Dengan kesepakatan ini, kita telah menetapkan prioritas pembangunan yang akan membawa dampak positif bagi seluruh masyarakat desa,” ucap beliau di hadapan para peserta musyawarah. Partisipasi aktif masyarakat dalam proses penetapan APBDes di Desa Bobawa bukan hanya sekadar formalitas, tetapi merupakan wujud nyata dari semangat gotong royong dan kebersamaan dalam membangun desa yang lebih baik. Dengan kerja sama yang solid antara pemerintah desa dan masyarakat, Desa Bobawa siap menghadapi tantangan dan meraih kemajuan yang berkelanjutan di masa mendatang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *